NIP : 19660809
199303 2 002
Disusun
oleh kelompok 3 :
Eko
Wijayanto/ A1C314020
Indah Nofitri/
A1C314018
Phuty Ayu
Ningrum/ A1C314028
SamantaRumiana
Sianipar/ A1C314034
Sari
Malinda/ A1C314033
WenniAnggra
Maya/ A1C314006
Program Studi Pendidikan Fisikan
Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jambi
2014
Kata Pengantar
Puji syukur kita sampaikan kepada Tuhan Yang Maha Esa
yang telah melimpahkan rahmat dan karunia Nya sehingga kami dapat menyelesaikan
makalah yang berjudul Arti Pendidikan dan tujuan Pendidikan di Indonesia.
Shalawat teriring salam semoga
terlimpahkan kepada Muhammad SAW, keluarga dan sahabat – sahabat, dan semoga
syafa’at-Nya selalu menyertai kehidupan ini.
Makalah ini
berisi pendapat – pendapat mengenai Arti Pendidikan dan Tujuan Pendidikan di
Indonesia menurut para ahli dan beberapa sumber lainnya.
Setitik harapan dari kami, semoga
makalah ini dapat bermanfaat serta bisa menjadi wacana yang berguna. Kami
menyadari keterbatasan yang kami miliki. Untuk itu, kami mengharapkan dan
menerima segala kritik dan saran yang membangun demi perbaikan dan
penyempurnaan makalah ini.
DAFTAR ISI
Kata pengantar........................................................................................ 2
Daftar Isi.................................................................................................. 3
BAB I
PENDAHULUAN......................................................................... 4
1.1 Latar Belakang................................................................................... 4
1.2 Rumusan Masalah............................................................................... 4
1.3 Tujuan Penulisan................................................................................. 4
BAB II PEMBAHASAN.......................................................................... 5
2.1 PENGERTIAN PENDIDIKAN........................................................... 5
2.2 TUJUAN PENDIDIKAN di INDONESIA.......................................... 6
BAB III
PENUTUP.................................................................................. 8
3.1 KESIMPULAN................................................................................... 8
DAFTAR PUSTAKA............................................................................... 9
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Pendidikan adalah proses pembelajaran yang di dapat oleh setiap manusia
untuk dapat membuat manusia mengerti dan lebih dewasa serta mampu membuat
manusia lebih kritis dalam berpikir.
Pendidikan
merupakan tonggak penting penopang keberadaan suatu bangsa. Pendidikan bukan
hanya berlandaskan pada kemampuan akademik saja, akan tetapi pendidikan juga
berlandaskan akan moral, iman dan taqwa. Kemampuan akademik tanpa di latarbelakangi
moral yang baik maka akan mengakibatkan ketidakseimbangan .
Untuk
mengetahui arti pendidikan dan tujuan pendidikan di Indonesia dan untuk
menyelesaikan tugas dari dosen, maka kami berdiskusi untuk menbuat makalah ini.
1.2. Rumusan
Masalah
a. Apakah pengertian pendidikan?
b. Apakah tujuan pendidikan di Indonesia?
1.3. Tujuan Penulisan
a. Menjelaskan pengertian pendidikan.
b. Menjelaskan tujuan pendidikan di Indonesia.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian
Pendidikan
a.
Definisiumum
Pendidikanadalahsuatucarauntukmengembangkanketerampilan,
kebiasaandansikap-sikap yang diharapkandapatmembuatseseorangmenjadiwarganegara
yang baik.
b.
MenurutUndang-Undang
1. UU
SISDIKNAS No.2 tahun 1989
pendidikanadalahusahasadaruntukmenyiapkanpesertadidikmelaluikegiatanbimbingan,
pengajaran, danlatihanbagiperanannya di masa yang akandatang.
2. UU
SISDIKNAS No. 20 tahun 2003
pendidikanadalahusahasadardanterencanauntukmewujudkansuasanabelajardan
proses pembelajaran agar
pesertadidiksecaraaktifmengembangkanpotensidirinyauntukmemilikikekuatan
spiritual keagamaan,pengendaliandiri,
kepribadian, kecerdasan, akhlakmulia, sertaketerampilan yang
diperlukandirinyadanmasyarakat.
c.
MenurutkamusBahasa
Indonesia
Pendidikan berasal dari
kata ‘didik’ dan mendapat imbuhan ‘pe’ dan akhiran ‘an’, maka kata ini
mempunyai arti proses atau cara atau perbuatan mendidik. Secara bahasa definisi
pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok
orang dalam usaha mendewasakan manusiamelalui upaya pengajaran dan pelatihan.
d. Menurut
Beberapa Ahli
1. Pengertianpendidikanmenurut M.J.
Langeveld
Pendidikanadalahmerupakanupayamanusiadewasamembimbingmanusia
yang
belumdewasakepadakedewasaan.Pendidikanialahusahamenolonganakuntukmelaksanakantugastugashidupnya,
agar bisamandiri, akil-baliq,
danbertanggungjawabsecarasusila.Pendidikanadalahusahamencapaipenentuan-diri-susiladantanggungjawab.
2.
Pengertianpendidikanmenurutdriyarkara
Pendidikandidefinisikansebagaiupayamemanusiakanmanusiamudaataupengangkatanmanusiamudaketarafinsani.(Driyarkara,
DriyarkaraTentangPendidikan, YayasanKanisius, Yogyakarta, 1950, hlm.74.)
3.
Pengertianpendidikanmenurut Stella van Petten Henderson
Pendidikanmerupakankombinasaidaripertumbuhandanperkembanganinsanidenganwarisansosial.Kohnstammdan
Gunning (1995) :Pendidikanadalahpembentukanhatinurani. Pendidikanadalah proses
pembentukandiridanpenetuan-dirisecaraetis, sesuaidengahatinurani.
4. Pengertianpendidikanmenurut
H.H Horne
Dalampengertianluas,
pendidikanmerupakanperangkatdenganmanakelompoksosialmelanjutkankeberadaannyamemperbaharuidirisendiri,
danmempertahankan ideal-idealnya. Carter V. Good Pendidikanadalah proses
perkembangankecakapanseseorangdalambentuksikapdanprilaku yang
berlakudalammasyarakatnya. Proses sosialdimanaseseorangdipengaruhiolehsesuatulingkungan
yang terpimpin (khususnya di sekolah)
sehinggaiyadapatmencapaikecakapansosialdanmengembangkankepribadiannya.
6. Ki Hajar Dewantara mengartikan pendidikan sebagai
upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran serta jasmani anak, agar dapat
memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras
dengan alam dan masyarakatnya.
2.2. Tujuan
Pendidikan di Indonesia
a. Tujuan pendidikan secara umum
yaitu untuk
mengubah kebiasaan-kebiasaan tidak baik menjadi kebiasaan baik yang terjadi
selama kita hidup untuk memperbaiki kualitas diri menjadi lebih baik dan mampu
menjawab tantangan di masa depan.
b. Menurut UU No. 20 Tahun 2003
Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3
Tujuan
pendidikan nasional adalah mengembangkan
potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan
menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
c.
TujuanpendidikansesuaidengansubstansiPancasila
yaitumenjadikanmanusia
yang berimandanbertaqwakepadaTuhan yang MahaEsa.
d.
TujuanpendidikanberdasarkanUndang-UndangDasartahun
1945 (versiAmandemen) Pasal 31 ayat 3
“Pemerintahmengusahakandanmenyelenggarakansatusistempendidikannasional,
yang
meningkatkankeimanandanketakwaansertaahlakmuliadalamrangkamencerdaskankehidupanbangsa,
yang diaturdenganundang-undang”.
e.
TujuanpendidikanberdasarkanUndang-UndangDasartahun 1945 (versiAmandemen) Pasal
31 ayat 5
“Pemerintahmemajukanilmupengetahuandanteknologidenganmenunjangtingginilai-nilai
agama danpersatuanbangsauntukkemajuanperadabansertakesejahteraanumatmanusia”.
f.
TujuanpendidikanberdasarkanUndang-Undang No.2 Tahun 1989 Pasal 4
“PendidikanNasionalbertujuanmencerdaskankehidupanbangsadanmengembangkanmanusia
Indonesia seutuhnya, yaitumanusia yang berimandanbertaqwaterhadapTuhan Yang
MahaEsadanberbudi-pekertiluhur, memilikipengetahuandanketrampilan,
kesehatanjasmanidanrohani, kepribadian yang mantapdanmandiriserta rasa
tanggung-jawabkemasyarakatandankebangsaan”.
g.
TujuanpendidikanberdasarkanUndang-Undang No.2 Tahun 1989 Pasal 15
“Pendidikanmenengahdiselenggarakanuntukmelanjutkandanmeluaskanpendidikandasarsertamenyiapkanpesertadidikmenjadianggotamasyarakat
yang memilikikemampuanmengadakanhubungantimbalbalikdenganlingkungansosial,
budayadanalamsekitarsertadapatmengembangkankemampuanlebihlanjutdalamduniakerjaataupendidikantinggi”.
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Pendidikan adalah upaya terencana
yang dilakukan untuk mencerdaskan, menambah pengetahuan dan wawasan,
mengembangkan keterampilan, membentuk sikap dan prilaku seseorang guna untuk
menempuh masadepan yang lebih baik.
Tujuan Pendidikan Nasional adalah
mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indoensia seutuhnya,
yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan
berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani
dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab
kemasyarakatan dan kebangsaan.
Dengan adanya pendidikan, maka
akan timbul dalam diri seseorang untuk berlomba-lomba dan memotivasi diri kita
untuk lebih baik dalam segala aspek kehidupan. Pendidikan merupakan salah satu
syarat untuk lebih memajukan pemrintah ini, maka usahakan pendidikan mulai dari
tingkat SD sampai pendidikan di tingkat Universitas.
Pada intinya pendidikan itu
bertujuan untuk membentuk karakter seseorang yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa. Akan tetapi disini pendidikan hanya menekankan pada
intelektual saja, dengan bukti bahwa adanya UN sebagai tolak ukur keberhasilan
pendidikan tanpa melihat proses pembentukan karakter dan budi pekerti anak.
DAFTAR PUSTAKA
http://pndkarakter.wordpress.com/category/pendidikan-menurut-para-ahli-dan-undang-undang.html
http://furqanwera.blogspot.com/2012/12/pengertian-dan-tujuan-pendidikan-secara.html
http://abdullahqiso.blogspot.com/2013/04/pengertian-pendidikan-menurut-para-ahli.html
http://belajarpsikologi.com/tujuan-pendidikan-nasional.html
http://tesispendidikan.com/tujuan-pendidikan-nasional-menurut-para-ahli.html
BalasHapusSegera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan capsa Susun Nomor Satu di Indonesia AGENPOKER(COM)
Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !
Download Software Bell Sekolah Gratis dan berbagai aplikasi pendidikan disini Aplikasi Pendidikan
BalasHapus