SELAMAT DATANG
Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » MAKALAH ARTI DAN TUJUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

MAKALAH ARTI DAN TUJUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA




ARTI PENDIDIKAN dan TUJUAN PENDIDIKAN di INDONESIA

NIP   : 19660809 199303 2 002








                                Disusun oleh kelompok 3 :
                                      Eko Wijayanto/ A1C314020
                                      Indah Nofitri/ A1C314018
                                      Phuty Ayu Ningrum/ A1C314028
                                      SamantaRumiana Sianipar/ A1C314034
                                      Sari Malinda/ A1C314033
                                      WenniAnggra Maya/ A1C314006





Program Studi Pendidikan Fisikan
Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jambi
2014
Kata Pengantar

               Puji syukur kita sampaikan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karunia Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Arti Pendidikan dan tujuan Pendidikan di Indonesia.
               Shalawat teriring salam semoga terlimpahkan kepada Muhammad SAW, keluarga dan sahabat – sahabat, dan semoga syafa’at-Nya selalu menyertai kehidupan ini.
Makalah ini berisi pendapat – pendapat mengenai Arti Pendidikan dan Tujuan Pendidikan di Indonesia menurut para ahli dan beberapa sumber lainnya.
               Setitik harapan dari kami, semoga makalah ini dapat bermanfaat serta bisa menjadi wacana yang berguna. Kami menyadari keterbatasan yang kami miliki. Untuk itu, kami mengharapkan dan menerima segala kritik dan saran yang membangun demi perbaikan dan penyempurnaan makalah ini.





                                                                                                  




                                                                          
















DAFTAR ISI

Kata pengantar........................................................................................ 2

Daftar Isi.................................................................................................. 3

BAB I PENDAHULUAN......................................................................... 4
1.1 Latar  Belakang................................................................................... 4
1.2 Rumusan Masalah............................................................................... 4
1.3 Tujuan Penulisan................................................................................. 4

BAB II PEMBAHASAN.......................................................................... 5
2.1 PENGERTIAN PENDIDIKAN........................................................... 5
2.2 TUJUAN PENDIDIKAN di INDONESIA.......................................... 6

BAB III PENUTUP.................................................................................. 8
3.1 KESIMPULAN................................................................................... 8

DAFTAR PUSTAKA............................................................................... 9
















BAB I
PENDAHULUAN


1.1.      Latar Belakang
               Pendidikan adalah proses pembelajaran yang di dapat oleh setiap manusia untuk dapat membuat manusia mengerti dan lebih dewasa serta mampu membuat manusia lebih kritis dalam berpikir.
               Pendidikan merupakan tonggak penting penopang keberadaan suatu bangsa. Pendidikan bukan hanya berlandaskan pada kemampuan akademik saja, akan tetapi pendidikan juga berlandaskan akan moral, iman dan taqwa. Kemampuan akademik tanpa di latarbelakangi moral yang baik maka akan mengakibatkan ketidakseimbangan .
               Untuk mengetahui arti pendidikan dan tujuan pendidikan di Indonesia dan untuk menyelesaikan tugas dari dosen, maka kami berdiskusi untuk menbuat makalah ini.
              

1.2.      Rumusan Masalah
a.              Apakah pengertian pendidikan?
b.       Apakah tujuan pendidikan di Indonesia?

1.3.      Tujuan Penulisan
a.       Menjelaskan pengertian pendidikan.
b.       Menjelaskan tujuan pendidikan di Indonesia.

















BAB II
PEMBAHASAN

2.1.      Pengertian Pendidikan

a.              Definisiumum
      Pendidikanadalahsuatucarauntukmengembangkanketerampilan, kebiasaandansikap-sikap yang diharapkandapatmembuatseseorangmenjadiwarganegara yang baik.

b.             MenurutUndang-Undang
1. UU SISDIKNAS No.2 tahun 1989
               pendidikanadalahusahasadaruntukmenyiapkanpesertadidikmelaluikegiatanbimbingan, pengajaran, danlatihanbagiperanannya di masa yang akandatang.
2. UU SISDIKNAS No. 20 tahun 2003
               pendidikanadalahusahasadardanterencanauntukmewujudkansuasanabelajardan proses pembelajaran agar pesertadidiksecaraaktifmengembangkanpotensidirinyauntukmemilikikekuatan spiritual keagamaan,pengendaliandiri, kepribadian, kecerdasan, akhlakmulia, sertaketerampilan yang diperlukandirinyadanmasyarakat.

c.              MenurutkamusBahasa Indonesia
                      Pendidikan berasal dari kata ‘didik’ dan mendapat imbuhan ‘pe’ dan akhiran ‘an’, maka kata ini mempunyai arti proses atau cara atau perbuatan mendidik. Secara bahasa definisi pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusiamelalui upaya pengajaran dan pelatihan.

d.      Menurut Beberapa Ahli
     1. Pengertianpendidikanmenurut M.J. Langeveld
                        Pendidikanadalahmerupakanupayamanusiadewasamembimbingmanusia yang belumdewasakepadakedewasaan.Pendidikanialahusahamenolonganakuntukmelaksanakantugastugashidupnya, agar bisamandiri, akil-baliq, danbertanggungjawabsecarasusila.Pendidikanadalahusahamencapaipenentuan-diri-susiladantanggungjawab.

2. Pengertianpendidikanmenurutdriyarkara
            Pendidikandidefinisikansebagaiupayamemanusiakanmanusiamudaataupengangkatanmanusiamudaketarafinsani.(Driyarkara, DriyarkaraTentangPendidikan, YayasanKanisius, Yogyakarta, 1950, hlm.74.)





3. Pengertianpendidikanmenurut Stella van Petten Henderson
               Pendidikanmerupakankombinasaidaripertumbuhandanperkembanganinsanidenganwarisansosial.Kohnstammdan Gunning (1995) :Pendidikanadalahpembentukanhatinurani. Pendidikanadalah proses pembentukandiridanpenetuan-dirisecaraetis, sesuaidengahatinurani.
4. Pengertianpendidikanmenurut H.H Horne
                        Dalampengertianluas, pendidikanmerupakanperangkatdenganmanakelompoksosialmelanjutkankeberadaannyamemperbaharuidirisendiri, danmempertahankan ideal-idealnya. Carter V. Good Pendidikanadalah proses perkembangankecakapanseseorangdalambentuksikapdanprilaku yang berlakudalammasyarakatnya. Proses sosialdimanaseseorangdipengaruhiolehsesuatulingkungan yang terpimpin (khususnya di sekolah) sehinggaiyadapatmencapaikecakapansosialdanmengembangkankepribadiannya.
6. Ki Hajar Dewantara mengartikan pendidikan sebagai upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran serta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya.

2.2.      Tujuan Pendidikan di Indonesia
a.       Tujuan pendidikan secara umum
                        yaitu untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan tidak baik menjadi kebiasaan baik yang terjadi selama kita hidup untuk memperbaiki kualitas diri menjadi lebih baik dan mampu menjawab tantangan di masa depan.
b.       Menurut UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3
                        Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan  potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
c.      TujuanpendidikansesuaidengansubstansiPancasila
                        yaitumenjadikanmanusia yang berimandanbertaqwakepadaTuhan yang MahaEsa.
d.      TujuanpendidikanberdasarkanUndang-UndangDasartahun 1945 (versiAmandemen) Pasal 31 ayat 3
                        Pemerintahmengusahakandanmenyelenggarakansatusistempendidikannasional, yang meningkatkankeimanandanketakwaansertaahlakmuliadalamrangkamencerdaskankehidupanbangsa, yang diaturdenganundang-undang”.
e.      TujuanpendidikanberdasarkanUndang-UndangDasartahun 1945 (versiAmandemen) Pasal 31 ayat 5
                        “Pemerintahmemajukanilmupengetahuandanteknologidenganmenunjangtingginilai-nilai agama danpersatuanbangsauntukkemajuanperadabansertakesejahteraanumatmanusia”.





f.      TujuanpendidikanberdasarkanUndang-Undang No.2 Tahun 1989 Pasal 4
                        “PendidikanNasionalbertujuanmencerdaskankehidupanbangsadanmengembangkanmanusia Indonesia seutuhnya, yaitumanusia yang berimandanbertaqwaterhadapTuhan Yang MahaEsadanberbudi-pekertiluhur, memilikipengetahuandanketrampilan, kesehatanjasmanidanrohani, kepribadian yang mantapdanmandiriserta rasa tanggung-jawabkemasyarakatandankebangsaan”.
g.      TujuanpendidikanberdasarkanUndang-Undang No.2 Tahun 1989 Pasal 15
            “Pendidikanmenengahdiselenggarakanuntukmelanjutkandanmeluaskanpendidikandasarsertamenyiapkanpesertadidikmenjadianggotamasyarakat yang memilikikemampuanmengadakanhubungantimbalbalikdenganlingkungansosial, budayadanalamsekitarsertadapatmengembangkankemampuanlebihlanjutdalamduniakerjaataupendidikantinggi”.































BAB III
PENUTUP
3.1.      Kesimpulan
               Pendidikan adalah upaya terencana yang dilakukan untuk mencerdaskan, menambah pengetahuan dan wawasan, mengembangkan keterampilan, membentuk sikap dan prilaku seseorang guna untuk menempuh masadepan yang lebih baik.
               Tujuan Pendidikan Nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indoensia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
               Dengan adanya pendidikan, maka akan timbul dalam diri seseorang untuk berlomba-lomba dan memotivasi diri kita untuk lebih baik dalam segala aspek kehidupan. Pendidikan merupakan salah satu syarat untuk lebih memajukan pemrintah ini, maka usahakan pendidikan mulai dari tingkat SD sampai pendidikan di tingkat Universitas.
               Pada intinya pendidikan itu bertujuan untuk membentuk karakter seseorang yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Akan tetapi disini pendidikan hanya menekankan pada intelektual saja, dengan bukti bahwa adanya UN sebagai tolak ukur keberhasilan pendidikan tanpa melihat proses pembentukan karakter dan budi pekerti anak.






















DAFTAR PUSTAKA

http://pndkarakter.wordpress.com/category/pendidikan-menurut-para-ahli-dan-undang-undang.html
http://furqanwera.blogspot.com/2012/12/pengertian-dan-tujuan-pendidikan-secara.html
http://abdullahqiso.blogspot.com/2013/04/pengertian-pendidikan-menurut-para-ahli.html
http://belajarpsikologi.com/tujuan-pendidikan-nasional.html
http://tesispendidikan.com/tujuan-pendidikan-nasional-menurut-para-ahli.html

                                                                                                                                                                  

2 komentar:


  1. Segera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan capsa Susun Nomor Satu di Indonesia AGENPOKER(COM)
    Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

    BalasHapus
  2. Download Software Bell Sekolah Gratis dan berbagai aplikasi pendidikan disini Aplikasi Pendidikan

    BalasHapus

Flag Counter

Recent Comments